TECH KNOW

Apa itu TTL pada DNS record

TTL pada DNS Record adalah singkatan dari Time to Live, yaitu waktu yang ditentukan oleh administrator DNS untuk menentukan berapa lama sebuah record DNS dapat disimpan dalam cache oleh server DNS lainnya. TTL berpengaruh pada kecepatan dan konsistensi perubahan DNS yang dilakukan oleh administrator DNS. Semakin rendah nilai TTL, semakin cepat perubahan DNS dapat diterapkan, tetapi semakin tinggi beban server DNS. Sebaliknya, semakin tinggi nilai TTL, semakin lambat perubahan DNS dapat diterapkan, tetapi semakin rendah beban server DNS. Nilai TTL biasanya bervariasi dari beberapa menit hingga beberapa hari, tergantung pada jenis record DNS dan kebutuhan administrator DNS .

Untuk mengatur TTL pada record DNS, Anda perlu mengakses DNS Zone Editor dari penyedia layanan DNS Anda, seperti Hostinger, Cloudflare, atau Jagoan Hosting. TTL adalah singkatan dari Time to Live, yaitu waktu yang ditentukan oleh administrator DNS untuk menentukan berapa lama sebuah record DNS dapat disimpan dalam cache oleh server DNS lainnya. Nilai TTL biasanya bervariasi dari beberapa menit hingga beberapa hari, tergantung pada jenis record DNS dan kebutuhan administrator DNS.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengatur TTL pada record DNS:

  • Masuk ke akun penyedia layanan DNS Anda dan pilih domain yang ingin Anda kelola.
  • Cari menu DNS Zone Editor atau DNS Record dan klik untuk membukanya.
  • Pilih record DNS yang ingin Anda ubah TTL-nya, misalnya A, CNAME, MX, atau TXT.
  • Klik tombol Edit atau Ubah untuk mengubah nilai TTL pada record DNS tersebut. Anda bisa memasukkan nilai TTL dalam satuan detik, misalnya 300, 14400, atau 86400.
  • Klik tombol Simpan atau Update untuk menyimpan perubahan Anda.
  • Ulangi langkah 3-5 untuk record DNS lainnya yang ingin Anda ubah TTL-nya.

Perlu diingat bahwa perubahan TTL pada record DNS akan memicu propagasi DNS, yaitu proses penyebaran informasi DNS ke seluruh server DNS di dunia. Proses ini bisa memakan waktu hingga 24 jam, jadi Anda perlu bersabar sebelum melihat hasilnya. Anda bisa menggunakan alat seperti DNS Checker untuk memeriksa status propagasi DNS Anda.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca