TECH NEWS

Apple Izinkan Aplikasi Emulator Gim Tersedia di App Store

Setelah melarang aplikasi emulator gim, sebuah program yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan gim dari suatu konsol, kini Apple telah mengizinkan aplikasi tersebut untuk bisa diunduh oleh pengguna melalui App Store. Melansir laporan The Verge, emulator gim kini bisa tersedia di App Store dan aplikasi tersebut boleh menawarkan gim-gim yang dapat diunduh dengan catatan gim tersebut harus mematuhi segala aturan yang berlaku.

Sebelumnya, emulator gim telah lama dilarang di perangkat iOS, sehingga pemilik iPhone harus mencari solusi alternatif seperti jailbreaking atau menggunakan platform pengunduhan aplikasi pihak ketiga. Namun, dengan perubahan kebijakan ini, pengembang emulator konsol retro yang sebelumnya sudah mempublikasikan aplikasinya di Android kini juga dapat menghadirkan aplikasi mereka kepada pengguna iOS.

Selain memberikan kelonggaran aturan untuk emulator gim, Apple juga membuat peraturan baru untuk super apps seperti WeChat. Peraturan ini mewajibkan fitur mini-games dan mini-apps dalam aplikasi tersebut harus menggunakan HTML5, sehingga tidak bisa menjadi aplikasi bawaan. Perubahan ini merupakan respons Apple terhadap gugatan anti monopoli yang dilayangkan oleh Amerika Serikat. Dengan langkah ini, Apple semakin membuka peluang bagi pengembang dan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dengan lebih leluasa.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca