OFFICETUTORIAL

Cara Membuat Kartu Peserta Ujian Sekolah Menggunakan Word

Cara membuat kartu peserta ujian sekolah menggunakan word dan excel dengan fitur mailing list. Sebenarnya cara ini juga bisa digunakan untuk membuat kartu lainnya atau nametag dengan jumlah yang cukup banyak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan data peserta ujian dalam format excel. Data yang dibutuhkan adalah nama, nomor ujian, kelas, dan data lainnya sesuai kebutuhan. Simpan file excel tersebut di lokasi yang mudah diakses. Contoh file excel bisa dilihat di sini.
  2. Buka aplikasi Microsoft Word dan buat dokumen baru. Pada halaman kosong, buat tabel dengan 6 kolom dan 2 baris. Setiap sel tabel akan berisi satu kartu peserta ujian. Sesuaikan ukuran tabel sesuai dengan ukuran kartu yang diinginkan. Contoh desain kartu bisa dilihat di sini.
  3. Pada tab Insert, klik Picture dan pilih logo sekolah yang ingin dimasukkan ke kartu. Sesuaikan ukuran dan posisi logo sesuai dengan desain kartu. Lakukan hal yang sama untuk menambahkan foto peserta ujian, cap sekolah, tanda tangan kepala sekolah, dan kode QR jika ada.
  4. Pada tab Insert, klik Text Box dan pilih Simple Text Box. Masukkan teks yang ingin ditampilkan di kartu, seperti nama sekolah, alamat sekolah, nama peserta, nomor ujian, kelas, dan lainnya. Sesuaikan ukuran, warna, dan jenis font sesuai dengan desain kartu. Lakukan hal yang sama untuk semua teks yang dibutuhkan di kartu.
  5. Pada tab Mailings, klik Start Mail Merge dan pilih Labels. Pada kotak dialog Label Options, pilih label yang sesuai dengan ukuran kartu yang dibuat. Klik OK.
  6. Pada tab Mailings, klik Select Recipients dan pilih Use an Existing List. Pada kotak dialog Select Data Source, cari dan pilih file excel yang berisi data peserta ujian. Klik OK.
  7. Pada tab Mailings, klik Insert Merge Field dan pilih field yang sesuai dengan data yang ingin dimasukkan ke kartu, seperti nama, nomor ujian, kelas, dan lainnya. Tempatkan field tersebut di posisi yang sesuai dengan desain kartu. Lakukan hal yang sama untuk semua field yang dibutuhkan di kartu.
  8. Pada tab Mailings, klik Preview Results dan lihat hasilnya. Jika ada yang perlu diperbaiki, klik Previous Record atau Next Record untuk melihat kartu lainnya. Jika sudah puas dengan hasilnya, klik Finish & Merge dan pilih Print Documents. Pada kotak dialog Merge to Printer, pilih All atau rentang kartu yang ingin dicetak. Klik OK.

Selamat, Anda telah berhasil membuat kartu peserta ujian sekolah menggunakan word dan excel dengan fitur mailing list.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca