PROGRAMMINGTUTORIAL

Cara Meningkatkan Kinerja Website WordPress dengan Redis

Remote Dictionary Server (Redis) adalah teknologi penyimpanan struktur data dalam memori (cache) pada server. Redis dapat membantu mempercepat loading website karena memiliki fitur penundaan waktu pencarian dan mampu mengakses berbagai data dalam mikrodetik. 

Karena kecepatan performanya, Redis menjadi pilihan populer untuk cache data bagi aplikasi website. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk setting Redis di WordPress:

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Redis sudah terinstal di server Anda.
Kedua, Anda perlu mengaktifkan Redis di panel admin Anda, misalnya Cyberpanel.
Ketiga, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Redis Object Cache di WordPress Anda.

Pertama

Masuk ke cPanel pada layanan hosting Anda. Gulir halaman ke bagian Software. Kemudian, pilih menu Redis Manager.

Kedua

Silakan pilih jumlah memori Redis yang dibutuhkan, klik tombol Enable untuk mengaktifkan Redis. Selanjutnya, catat informasi path pada kolom Socket. Path tersebut akan digunakan untuk konfigurasi Redis pada LiteSpeed Cache.

Selanjutnya gulir halaman ke bagian Software. Kemudian, pilih menu Select PHP Version. Gulir halaman ke bawah dan centang checkbox pada 3 extension berikut: memcache, memcached, redis.

Kembali ke cPanel pada layanan hosting Anda. Gulir halaman ke bagian Advanced. Kemudian, pilih menu LiteSpeed Web Cache Manager. Gulir halaman ke bagian LiteSpeed Cache Management. Selanjutnya, pilih menu WordPress Cache. Klik Enable untuk mengaktifkan LiteSpeed Cache.

Ketiga

Login ke wordpress anda. Pilih menu LiteSpeed Cache pada bagian kiri, kemudian klik submenu Cache. Selanjutnya, aktifkan cache dengan mengubah status Enable Cache menjadi ON. Pilih tab [6] Object, kemudian ubah konfigurasi sebagai berikut: Object Cache: ON Method: Redis Host: Isikan alamat socket Redis yang terdapat pada cPanel Port: 0. Setelah selesai melakukan pengisian, klik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Selamat! Anda berhasil mengaktifkan Redis di WordPress. Selanjutnya, Anda dapat membandingkan performa website sebelum dan sesudah mengaktifkan Redis. Kecepatan akses website Anda akan cenderung lebih cepat setelah Redis berhasil diaktifkan.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca