TECH NEWS

HyperOS, Sistem Operasi Baru dari Xiaomi

Xiaomi Luncurkan HyperOS, Sistem Operasi Baru yang Terhubung dengan Seluruh Produknya.

Xiaomi, salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, baru saja meluncurkan sistem operasi baru yang bernama HyperOS. Sistem operasi ini diklaim sebagai pengganti dari MIUI, antarmuka pengguna yang telah digunakan oleh Xiaomi sejak tahun 2010.

HyperOS merupakan sistem operasi yang lahir demi memenuhi ekosistem produk-produk dari Xiaomi. Pasalnya, HyperOS yang masih termasuk Android Open Source Project akan melebur dengan Vela, platform Xiaomi untuk Internet of Thing (IoT), sehingga ke depannya HyperOS dapat digunakan di berbagai koneksi dan perangkat IoT.

Dengan HyperOS, Xiaomi berharap dapat menyediakan pengalaman pengguna yang lebih lancar, aman, dan cerdas. HyperOS juga menawarkan fitur-fitur baru yang menarik, seperti:

  • HyperOS Connect: fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone Xiaomi dengan perangkat lain, seperti smartwatch, TV, laptop, router, kamera, speaker, dan bahkan mobil listrik. Pengguna dapat mengontrol perangkat tersebut melalui smartphone, atau sebaliknya, dengan mudah dan cepat.
  • HyperOS Share: fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file, foto, video, musik, dan dokumen dengan perangkat lain yang terhubung dengan HyperOS. Pengguna juga dapat berbagi layar, suara, dan keyboard dengan perangkat lain, sehingga dapat bekerja atau bermain secara lebih efisien dan menyenangkan.
  • HyperOS Vision: fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dan layanan yang relevan dengan menggunakan kamera smartphone. Pengguna dapat memindai kode QR, barcode, wajah, objek, atau teks, dan mendapatkan hasil yang akurat dan bermanfaat. Pengguna juga dapat menggunakan kamera untuk menerjemahkan bahasa, mengukur jarak, atau mencari produk yang diinginkan.
  • HyperOS Voice: fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat dengan menggunakan suara. Pengguna dapat memberikan perintah, pertanyaan, atau permintaan kepada asisten virtual Xiaomi, yang bernama XiaoAI. Asisten ini dapat mengenali suara pengguna dengan baik, dan memberikan respons yang sesuai dan cerdas.

HyperOS resmi diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2023, bersamaan dengan peluncuran smartphone flagship terbaru dari Xiaomi, yaitu Xiaomi 14. Smartphone ini menjadi perangkat pertama yang menggunakan HyperOS secara pre-installed. Selain itu, Xiaomi juga mengumumkan daftar perangkat lain yang akan mendapatkan update HyperOS, mulai dari Desember 2023 hingga Januari 2024.

Daftar perangkat tersebut antara lain adalah:

  • Xiaomi MIX Fold 2 dan MIX Fold 3, Xiaomi 13, 13 Pro, 13 Ultra.
  • Xiaomi Pad 6, Pad 6 Max 14, Pad 6 Pro.
  • Redmi K60, K60 Extreme Edition, K60 Pro.
  • Xiaomi TV S Pro 65 Mini LED, Xiaomi TV S Pro 75 Mini LED, Xiaomi TV S Pro 85 Mini LED.
  • Xiaomi Smart Camera 3 Pro PTZ version IP.
  • Xiaomi Sound.
  • Xiaomi Watch S3.

Untuk versi global dari HyperOS, Xiaomi berencana untuk merilisnya secara bertahap mulai dari kuartal pertama tahun 2024, termasuk di Indonesia. Xiaomi juga menjanjikan bahwa HyperOS akan terus dikembangkan dan diperbarui, agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang terbaik dan terdepan.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca