TECH NEWS

Intel Arc Battlemage Akan Hadir pada Akhir 2024, Siap Saingi Nvidia dan AMD

Intel Arc, merek GPU diskrit dari Intel yang ditujukan untuk pasar gaming PC, belum lama ini meluncurkan seri A700 yang menawarkan kinerja yang cukup baik dengan harga yang terjangkau. Namun, seri A700 ini masih kalah dengan GPU kelas atas dari Nvidia dan AMD, seperti GeForce RTX 3080 dan Radeon RX 6800 XT. Bagi para gamer yang menginginkan performa lebih tinggi, Intel Arc memiliki seri berikutnya yang bernama Battlemage, yang dijadwalkan untuk dirilis pada akhir 2024.

Battlemage adalah generasi kedua dari Intel Arc, yang menggunakan arsitektur Xe HPG yang lebih canggih dan efisien daripada Alchemist, generasi pertama dari Intel Arc. Battlemage diperkirakan akan menawarkan performa yang setara dengan GPU kelas enthusiast, yang biasanya digunakan oleh gamer hardcore dan profesional. Battlemage juga akan mendukung fitur-fitur modern seperti ray tracing, mesh shading, variable rate shading, dan sampler feedback, yang merupakan fitur-fitur canggih yang ada di DirectX 12 Ultimate.

Selain itu, Battlemage juga akan mendukung teknologi AI Super Sampling, yang dapat meningkatkan kualitas gambar dengan mengurangi beban komputasi. Teknologi ini mirip dengan DLSS dari Nvidia dan FSR dari AMD, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan resolusi dan frame rate. Dengan teknologi ini, gamer dapat menikmati grafis yang lebih halus dan realistis tanpa mengorbankan performa.

Namun, Battlemage juga akan menghadapi persaingan yang ketat dari Nvidia dan AMD, yang juga akan merilis GPU generasi baru pada tahun 2024. Nvidia dikabarkan akan meluncurkan arsitektur Hopper, yang menggunakan teknologi MCM (Multi-Chip Module) untuk meningkatkan jumlah inti prosesor dan bandwidth memori. AMD juga akan meluncurkan arsitektur RDNA 3, yang juga menggunakan teknologi MCM dan menawarkan peningkatan performa yang signifikan.

Intel Arc Battlemage akan tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari kartu grafis add-in hingga laptop gaming. Intel juga berencana untuk merilis GPU Arc generasi ketiga dengan kode nama Celestial dan Druid pada tahun 2025. Intel Arc Battlemage mungkin akan menjadi pilihan yang menarik bagi para gamer dan creator yang menginginkan performa tinggi dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca