HARDWARETECH KNOW

Merayapi Lintasan Teknologi Menjelajahi Dunia Wi-Fi, Router, ISP, LAN, Switch, dan Access Point

Wi-Fi, router, ISP, LAN, switch, dan access point adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer nirkabel. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing istilah tersebut, serta hubungan diantara mereka:

  • Wi-Fi adalah protokol jaringan nirkabel yang digunakan oleh perangkat komputer untuk terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel. Istilah Wi-Fi sendiri digunakan untuk menyebutkan LAN (Local Area Network) jenis wireless (nirkabel) berdasarkan standar protokol jaringan 802.11 IEEE.
  • Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda, misalnya jaringan lokal dengan jaringan internet. Router juga berfungsi untuk mengatur alamat IP, lalu lintas data, dan keamanan jaringan.
  • ISP (Internet Service Provider) adalah penyedia layanan internet yang memberikan akses internet kepada pelanggan. ISP biasanya memiliki infrastruktur jaringan seperti kabel, satelit, atau gelombang radio untuk mengirim dan menerima data dari internet.
  • LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan perangkat-perangkat dalam area lokal yang terbatas, misalnya di rumah, kantor, atau sekolah. LAN biasanya menggunakan kabel, wifi, atau bluetooth untuk mengirim dan menerima data antar perangkat.
  • Switch adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam sebuah jaringan lokal. Switch juga berfungsi untuk meneruskan data dari satu perangkat ke perangkat lain yang dituju berdasarkan alamat MAC (Media Access Control).
  • Access point adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat nirkabel dengan jaringan lokal menggunakan teknologi, seperti wifi, bluetooth, wireless, dan lain sebagainya. Access point juga dapat digunakan untuk mengatur IP address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung .

Hubungan diantara Wi-Fi, router, ISP, LAN, switch, dan access point dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Untuk dapat mengakses internet, perangkat komputer harus terhubung dengan ISP melalui router. Router akan menerima data dari ISP dan meneruskannya ke perangkat komputer yang terhubung.
  • Router dapat menghubungkan perangkat komputer dengan kabel atau nirkabel. Jika menggunakan kabel, router akan terhubung dengan switch, yang kemudian terhubung dengan perangkat komputer lainnya dalam jaringan lokal. Jika menggunakan nirkabel, router akan terhubung dengan access point, yang kemudian terhubung dengan perangkat komputer lainnya yang menggunakan wifi, bluetooth, atau wireless.
  • Wi-Fi adalah salah satu teknologi nirkabel yang digunakan oleh perangkat komputer untuk terhubung dengan jaringan lokal. Wi-Fi menggunakan standar protokol jaringan 802.11 IEEE, yang menentukan frekuensi, kecepatan, dan enkripsi data yang dikirim dan diterima oleh perangkat komputer.
  • LAN adalah jaringan komputer yang terbatas dalam area lokal, seperti rumah, kantor, atau sekolah. LAN dapat menggunakan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan perangkat komputer. LAN yang menggunakan kabel biasanya menggunakan switch untuk menghubungkan perangkat komputer, sedangkan LAN yang menggunakan nirkabel biasanya menggunakan access point untuk menghubungkan perangkat komputer.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca