TECH NEWS

Microsoft Luncurkan Windows Copilot, Fitur AI untuk Membantu Pemrogram di Terminal

Microsoft telah meluncurkan fitur baru yang disebut Windows Copilot, yang merupakan integrasi dari GitHub Copilot ke aplikasi Terminal Windows. Fitur ini dirancang untuk membantu para pemrogram dalam menulis, memperbaiki, dan menjalankan kode di Terminal dengan bantuan AI bahasa alami.

GitHub Copilot adalah fitur yang menggunakan AI untuk menyarankan dan melengkapi kode untuk pemrogram berdasarkan konteks dan maksud mereka. Fitur ini sebelumnya sudah tersedia di beberapa alat pengembang Microsoft seperti Bing Chat dan Microsoft 365. Dengan integrasi ini, pengguna Terminal Windows dapat memanfaatkan AI bahasa alami untuk merekomendasikan perintah, menjelaskan kesalahan, dan mengambil tindakan dalam aplikasi Terminal. Fitur ini juga dapat membantu pengguna untuk men-debug aplikasi, perangkat driver, dan bahkan Windows itu sendiri dengan menggunakan alat WinDbg.

Microsoft mengumumkan fitur ini pada acara Build 2023, yang merupakan konferensi tahunan untuk para pengembang dan profesional IT. Acara ini diadakan secara virtual pada tanggal 23-25 November 2023 dan menampilkan berbagai sesi, demo, dan keynote yang membahas tentang inovasi dan tren terbaru di bidang teknologi.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna harus memperbarui Microsoft Edge ke versi terbaru dan mengunduh ViVeTool dari GitHub. ViVeTool adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur eksperimental di Windows 11. Kemudian, pengguna harus menjalankan ViVeTool sebagai Administrator dan mengaktifkan fitur Copilot dengan perintah berikut:

ViVeTool.exe addconfig 30147639 2

Setelah itu, pengguna dapat mengakses Windows Copilot melalui ikon heksagon di menu Start atau Taskbar Windows 11. Windows Copilot akan menampilkan menu sidebar di sebelah kanan layar, di mana pengguna dapat mengobrol dengan asisten AI dan meminta bantuan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan komputer mereka.

Windows Copilot adalah salah satu contoh dari upaya Microsoft untuk membuat pengalaman pengembangan lebih mudah, cepat, dan menyenangkan dengan menggunakan AI. Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kolaborasi para pemrogram di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca