TECH NEWS

Microsoft Office 2024: Tinjauan menyeluruh tentang Perangkat Lunak Produktivitas Terbaru

Microsoft Office telah menjadi perangkat lunak produktivitas pilihan utama bagi bisnis dan individu selama beberapa dekade. Dengan rangkaian aplikasinya yang sudah familiar seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook, Office menjadi alat penting untuk membuat dokumen, spreadsheet, presentasi, dan mengelola email. Kini, di tahun 2024, Microsoft bersiap untuk merilis iterasi selanjutnya – Office 2024.

Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang Office 2024, menelusuri jadwal rilisnya, fitur terbaru yang menarik, opsi harga, dan fakta menarik seputar rilis mendatang ini.

Jadwal Rilis: Peluncuran Dua Tahap

Berbeda dengan versi sebelumnya, Microsoft mengambil pendekatan dua tahap untuk merilis Office 2024. Berikut rinciannya:

  • Tahap 1: Rilis Pratinjau
    • Office LTSC 2024: Versi ini ditujukan untuk bisnis dan organisasi yang membutuhkan lisensi permanen, dan sudah memasuki tahap pratinjau pada Februari 2024.
    • Office 2024 untuk Pengguna Rumahan: Pratinjau untuk pengguna individu dan keluarga dijadwalkan rilis pada akhir tahun 2024, dengan tanggal pastinya belum diumumkan.
  • Tahap 2: Rilis Resmi
    • Office LTSC 2024: Rilis resminya diperkirakan terjadi sekitar kuartal kedua (Q2) tahun 2024.
    • Office 2024 untuk Pengguna Rumahan: Konsumen dapat menunggu rilis resminya pada kuartal keempat (Q4) tahun 2024.

Fitur Baru untuk Meningkatkan Produktivitas

Office 2024 menawarkan beberapa fitur baru yang dirancang untuk merampingkan alur kerja dan membuat pekerjaan lebih efisien. Berikut beberapa hal menariknya:

  • Panduan Langkah-demi-Langkah: Hilang sudah hari-hari di mana Anda harus menjelajahi menu bantuan. Office 2024 memperkenalkan “Langkah Cepat”, sebuah fitur yang memberikan instruksi langkah-demi-langkah di dalam aplikasi itu sendiri. Baik Anda perlu membuat bagan kompleks di Excel atau memformat dokumen profesional di Word, panduan di layar ini akan memandu Anda melalui proses tersebut secara efisien.
  • Antarmuka Pengguna yang Dimodernisasi: Antarmuka pengguna (UI) mendapatkan penyegaran di Office 2024. Ikon dirancang agar lebih mudah dikenali, dan navigasi menu disederhanakan untuk pengalaman yang lebih intuitif. Perombakan ini bertujuan untuk mengurangi kurva pembelajaran bagi pengguna baru dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
  • Peningkatan dengan Dukungan AI: Kecerdasan buatan (AI) terus merambah ke dalam perangkat lunak, dan Office 2024 tidak terkecuali. Fitur AI baru dapat membantu Anda menyelesaikan tugas dengan lebih mudah. Misalnya, fitur “Ideas” di Word menyarankan informasi dan konten relevan berdasarkan tulisan Anda, berpotensi memicu ide-ide baru atau menghemat waktu penelitian Anda.
  • Keamanan yang Ditingkatkan: Dengan meningkatnya ancaman serangan siber, keamanan yang kuat sangatlah penting. Office 2024 menggabungkan fitur keamanan terbaru untuk melindungi data Anda. Alat seperti “Autentikasi Multi-Faktor” menambahkan lapisan perlindungan ekstra untuk login Anda, sehingga mempersulit akses yang tidak sah.

Lebih dari Sekadar Fitur: Fakta Menarik tentang Office 2024

Berikut beberapa detail tambahan yang membuat Office 2024 penting:

  • Dua Model Pembayaran: Microsoft menawarkan Office 2024 melalui dua model pembayaran yang berbeda:
    • Office LTSC 2024: Ini ditujukan untuk bisnis dan menyediakan lisensi permanen. Pengguna membayar biaya satu kali untuk perangkat lunak dan menerima pembaruan keamanan selama lima tahun.
    • Microsoft 365: Model berbasis langganan ini menyediakan akses ke fitur dan pembaruan keamanan terbaru selama langganan tetap aktif. Ini ideal untuk pengguna yang menginginkan akses terus-menerus ke fungsionalitas terbaru.
  • Model Harga Belum Diumumkan: Harga untuk Office LTSC 2024 belum diumumkan secara resmi. Namun, langganan Microsoft 365 mulai dari Rp99.000 per bulan untuk pengguna individu dan Rp159.000 per bulan untuk keluarga (harga per April 2024, Indonesia).
  • Kompatibilitas: Office 2024 akan kompatibel dengan Windows 11 dan kemungkinan dengan versi Windows yang lebih baru saat dirilis.
  • Integrasi Cloud: Integrasi yang mulus dengan OneDrive, solusi penyimpanan cloud Microsoft, memungkinkan penyimpanan file

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca