SOFTWARETECH KNOW

Penyebab dan Solusi Narator Eror Saat Fresh Install Windows 11

Narator adalah salah satu fitur aksesibilitas yang disediakan oleh Windows 11, yang berfungsi sebagai pembaca layar untuk membantu pengguna yang buta atau memiliki gangguan penglihatan. Narator dapat membacakan teks, ikon, tombol, menu, dan elemen lainnya yang ada di layar komputer, serta memberikan umpan balik suara saat pengguna mengetik atau melakukan interaksi dengan perangkat.

Namun, ada beberapa kasus di mana narator mengalami eror saat pengguna melakukan fresh install Windows 11, yaitu instalasi ulang sistem operasi dari awal tanpa menyimpan data atau aplikasi sebelumnya. Eror ini dapat berupa narator tidak dapat dimatikan, narator terus berbicara tanpa henti, narator tidak berfungsi dengan baik, atau narator mengganggu kinerja komputer.

Penyebab narator eror dapat bervariasi, tetapi beberapa kemungkinan adalah:

  • Ada kesalahan dalam proses instalasi Windows 11, yang menyebabkan file narator.exe atau komponen terkait tidak terpasang atau terkonfigurasi dengan benar.
  • Ada masalah kompatibilitas antara narator dan perangkat keras atau perangkat lunak tertentu yang terhubung dengan komputer.
  • Ada virus atau malware yang menginfeksi file narator.exe atau mengubah pengaturan narator.

Untuk mengatasi narator eror, pengguna dapat mencoba beberapa langkah berikut:

  • Memeriksa apakah ada pembaruan Windows 11 yang tersedia dan menginstalnya. Pembaruan dapat membantu memperbaiki bug atau masalah yang ada pada sistem operasi.
  • Menjalankan alat pemecah masalah audio atau suara yang disediakan oleh Windows 11. Alat ini dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki masalah yang berkaitan dengan suara atau audio pada komputer.
  • Mengembalikan pengaturan narator ke default. Pengaturan narator dapat diubah melalui menu Pengaturan > Aksesibilitas > Narator. Pengguna dapat mengatur tingkat kejelasan, suara, pintasan keyboard, dan opsi lainnya sesuai kebutuhan.
  • Menghapus dan menginstal ulang narator melalui pengaturan aplikasi. Pengguna dapat menghapus narator dengan cara membuka menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi dan fitur, mencari narator, dan memilih Uninstall. Kemudian, pengguna dapat menginstal ulang narator dengan cara membuka menu Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi opsional, mencari narator, dan memilih Install.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, pengguna mungkin perlu menghubungi dukungan teknis Microsoft atau mengunjungi pusat layanan terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Harap berhati-hati jika pengguna mencoba mengedit registry Windows atau menghapus file sistem secara manual, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca