SOFTWARETECH KNOW

Perbedaan CAT dan CBT

Berikut ini adalah tulisan yang saya buat tentang perbedaan CAT dan CBT:

CAT (Computer Assisted Test) dan CBT (Computer Based Test) adalah dua sistem tes yang menggunakan komputer sebagai media ujian. Kedua sistem ini memiliki beberapa perbedaan, baik dari segi proses, materi, maupun hasil. Berdasarkan sumber-sumber yang saya temukan, berikut ini adalah beberapa perbedaan antara CAT dan CBT:

  • Proses: CAT adalah sistem tes yang mampu menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan peserta ujian. Soal-soal yang diberikan akan berubah sesuai dengan jawaban yang diberikan oleh peserta. Jika peserta menjawab benar, maka soal selanjutnya akan lebih sulit. Jika peserta menjawab salah, maka soal selanjutnya akan lebih mudah. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta secara optimal dan akurat. CBT adalah sistem tes yang menggunakan komputer sebagai media ujian, tetapi soal-soal yang diberikan sudah ditentukan sebelumnya dan tidak berubah. Soal-soal yang diberikan memiliki tingkat kesulitan yang sama untuk semua peserta. CBT biasanya digunakan untuk tes yang memiliki jumlah soal tertentu dan waktu yang terbatas.
  • Materi: CAT dan CBT dapat digunakan untuk menguji berbagai macam materi, seperti bahasa, matematika, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Namun, CAT lebih cocok digunakan untuk menguji materi yang bersifat kognitif, seperti pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi. CBT lebih cocok digunakan untuk menguji materi yang bersifat psikomotorik, seperti keterampilan, sikap, dan perilaku. Hal ini karena CAT lebih fokus pada kualitas jawaban, sedangkan CBT lebih fokus pada kuantitas jawaban.
  • Hasil: CAT dan CBT memiliki cara penilaian yang berbeda. CAT menggunakan metode penilaian yang disebut dengan Item Response Theory (IRT), yaitu sebuah teori yang menghubungkan kemampuan peserta dengan tingkat kesulitan soal. Dengan metode ini, peserta yang mendapatkan soal yang lebih sulit akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi, meskipun jumlah jawaban benarnya lebih sedikit. CBT menggunakan metode penilaian yang disebut dengan Classical Test Theory (CTT), yaitu sebuah teori yang menghitung nilai peserta berdasarkan jumlah jawaban benar. Dengan metode ini, peserta yang mendapatkan soal yang lebih mudah akan mendapatkan nilai yang lebih rendah, meskipun jumlah jawaban benarnya lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca