TECH NEWS

Windows 12, Sistem Operasi Terbaru dari Microsoft yang Mungkin Akan Dirilis pada Tahun 2024

Microsoft, perusahaan teknologi raksasa yang terkenal dengan sistem operasi Windows, mungkin sedang mengerjakan versi Windows terbarunya, yaitu Windows 12. Meskipun belum ada pengumuman resmi dari Microsoft, banyak spekulasi dan bocoran yang beredar di internet tentang fitur-fitur, spesifikasi, dan tanggal rilis dari Windows 12.

Menurut beberapa sumber, Windows 12 akan membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang lebih tinggi daripada Windows 11, seperti RAM minimal 8 GB, penyimpanan minimal 128 GB, dan prosesor Intel generasi ke-14 atau setara . Selain itu, Windows 12 juga akan memerlukan chip TPM 2.0 dan firmware UEFI dengan Secure Boot untuk keamanan . Windows 12 juga dikabarkan akan mendukung chip Pluton dari Microsoft, yang merupakan coprosesor keamanan yang terintegrasi dengan CPU.

Windows 12 juga akan menghadirkan beberapa fitur baru dan eksklusif yang belum ada di Windows 11, seperti tampilan antarmuka (UI) yang baru, dengan taskbar transparan di bagian atas layar, mirip dengan MacOS. Taskbar ini akan menampilkan informasi cuaca, Wi-Fi, baterai, tanggal, dan jam. Selain itu, Windows 12 juga akan mengubah ikon aplikasi menjadi lebih bulat dan berwarna-warni.

Fitur lain yang mungkin ada di Windows 12 adalah sistem dengan pemisahan state, yang berarti bahwa sistem operasi akan terpisah dari aplikasi dan data pengguna, sehingga memudahkan proses pembaruan dan pemulihan. Sistem ini juga akan dioptimalkan untuk silikon, yang berarti bahwa Windows 12 akan dapat beradaptasi dengan berbagai jenis prosesor, termasuk yang berbasis AI.

Fitur AI juga akan menjadi salah satu daya tarik dari Windows 12, seperti fitur AI untuk pengenalan teks pada gambar, yang berarti bahwa Windows 12 akan dapat membaca dan menganalisis teks yang ada pada gambar, seperti dokumen, poster, atau kartu nama. Fitur AI lainnya adalah fitur AI untuk analisis konten dengan prompt kontekstual, yang berarti bahwa Windows 12 akan dapat memberikan saran atau bantuan berdasarkan konten yang sedang dilihat atau dibuat oleh pengguna, seperti menulis email, membuat presentasi, atau mengedit foto.

Fitur baru untuk Paint, yang berarti bahwa Windows 12 akan memberikan kemampuan untuk menghapus latar belakang dari foto atau menghasilkan gambar dengan input teks, juga akan menjadi salah satu fitur yang menarik bagi pengguna Windows 12.

Windows 12 diperkirakan akan dirilis pada Oktober 2024, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Microsoft . Sebelumnya, Microsoft telah membantah laporan bahwa mereka sedang mengerjakan Windows 12, dan mengatakan bahwa mereka masih berkomitmen untuk memberikan pembaruan tahunan dan fitur-fitur kecil untuk Windows 11.

Beberapa fakta atau rumor menarik lainnya tentang Windows 12 adalah bahwa nama kode untuk Windows 12 adalah “Next Valley” di dalam Microsoft, yang mungkin mengacu pada lembah silikon, tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di dunia . Windows 12 mungkin juga akan menjadi sistem operasi terakhir dari Microsoft, yang berarti bahwa setelah itu, Microsoft hanya akan memberikan pembaruan dan fitur secara berkala, tanpa mengubah nomor versi. Windows 12 juga mungkin akan menghapus beberapa fitur lama yang sudah jarang digunakan atau rentan dieksploitasi, seperti MSDT (Microsoft Support Diagnostic Tool) dan VBScript (Visual Basic Scripting Edition).

Windows 12, jika benar-benar dirilis, akan menjadi sistem operasi yang revolusioner dan inovatif, yang akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna Windows di seluruh dunia. Namun, kita harus menunggu sampai ada pengumuman resmi dari Microsoft untuk mengetahui kebenaran dari spekulasi dan bocoran yang ada.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca