TECH NEWS

YouTube Luncurkan Fitur Playables untuk Pengguna Premium, Bisa Main Game Langsung di Platform Video

YouTube, platform video terbesar di dunia, baru saja meluncurkan fitur baru yang bernama Playables. Fitur ini memungkinkan pengguna YouTube Premium untuk bermain game secara langsung di YouTube tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi terpisah. Fitur ini merupakan bentuk iklan interaktif yang menawarkan pengalaman bermain game yang lebih menarik dan praktis.

Fitur Playables sudah mulai diuji coba oleh YouTube sejak September 2023 dan hanya tersedia untuk sebagian pengguna tertentu. Namun, sejak November 2023, fitur ini sudah mulai digulirkan untuk pengguna YouTube Premium di berbagai negara. Fitur ini bisa diakses dari browser desktop dan perangkat seluler.

Fitur Playables mencakup berbagai jenis game yang bisa dimainkan dengan mudah dan cepat. Beberapa contoh game yang tersedia adalah Angry Birds, Stack Bounce, dan Cut the Rope. Game-game ini sebelumnya sudah ada di Google Play Instant, layanan minigame dari Google yang bisa dimainkan tanpa instalasi. Dengan fitur Playables, pengguna YouTube bisa mencoba berbagai game yang diiklankan sebelum memutuskan untuk mengunduhnya atau tidak.

Fitur Playables juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan progres permainan mereka di YouTube. Pengguna bisa melihat dan mengontrol riwayat dan progres permainan mereka di bagian “Aktivitas Saya” di YouTube. Fitur ini juga mendukung fitur berbagi yang memudahkan pengguna untuk membagikan game yang mereka mainkan ke teman-teman mereka.

Fitur Playables merupakan salah satu upaya YouTube untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan pendapatan iklan di platformnya. YouTube juga berharap fitur ini bisa menarik minat pengguna untuk berlangganan YouTube Premium, layanan berbayar yang menawarkan fitur-fitur eksklusif seperti bebas iklan, akses ke YouTube Music, YouTube Originals, dan YouTube Kids.

Fitur Playables di YouTube mendapat respons positif dari sebagian pengguna yang sudah mencobanya. Mereka mengatakan fitur ini menyenangkan, inovatif, dan mudah digunakan. Namun, ada juga sebagian pengguna yang mengkritik fitur ini karena dianggap mengganggu, membosankan, dan tidak relevan dengan konten video yang mereka tonton.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Gakniat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca